Android

ANDROID

ADROID? Apaan sih? Wow, yang akhir-akhir ini beken itu? HP kan? Robot ya? Serial Tokusatsu dari Jepang itu bukan?
Itulah kalimat pertama yang diucapkan sebagian orang setelah mendengar kata Android (kalo jawaban kalian bukan itu, berarti kalian bukan termasuk dari sebagian orang yang dimaksud ya, hehe)

Nah, sekarang kita membahas tentang Android. Makna kata Android memang banyak. Misalnya, Android adalah robot pintar yang bentuknya menyerupai manusia. Android adalah sebuah serial Tokusatsu dari Jepang. Oke, boleh lah. Akan tetapi yang akan dibahas di sini adalah Android yang berarti sistem operasi untuk perangkat telepon seluler yang dikembangkan oleh Google.

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang supaya menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc.(pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel). Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, gabungan dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Perilisan perdana Android pada tanggal 5 November 2007. Android berkembang dengan pesat. Itu terjadi karena Androit didukung oleh hampir keseluruhan vendor smartphone dan sifat Androit yang open source sehingga siapa saja bisa mengembangkan OS tersebut untuk diginakan di gadget mereka dan disesuaikan dengan kebutuhan dan pasar. (Tidak seperti iOS/iPad yang hanya tersedia dari Apple saja, dll)
Meski relatif masih baru, namun Sistem Operasi Android telah mampu menggeser popularitas sistem operasi mobile yang sudah lama ada seperti Symbian, Windows Mobile dan bahkan Blackberry sekalipun. Android memiliki beberapa versi yaitu Android versi 1.1, Android versi 1.5 (Cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt), Android versi 2.3 (Gingerbread), Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb), dan yang terakhir diperkirakan akan dirilis akhir tahun 2011 yaitu Android versi 4.0 (Ice Cream).
Android memiliki fitur-fitur canggih dan lengkap seperti ponsel lain, dan pastinya Android memiliki keunggulan, diantaranya    :
1.    Bisa dengan mudah mengubah browser dan aplikasi messaging standar.
2.    Browsing yang lebih cepat.
3.    Akses yang lebih mudah dan penampilan yang enak.
4.    Punya integrasi bagus ke aplikasi Gmail, contacts, calender dan Google talk.
5.    Notifikasi yang lengkap dan mudah ditentukan, misalnya informasi waktu, kapasitas baterai, kekuatan sinyal, indikator WIFI dan GPS.
6.    Adanya Android Market yang berisi ratusan ribu aplikasi yang kebanyakan gratis.

Komentar

  1. weseseeee :p
    hayoo itu buat sndri ato gmn :p :p :P

    BalasHapus
  2. iya firr buat sendiri dan datanya dari berbagai sumber, hehe
    tugas dari OSIS dulu, buat lipsus dibuletin
    kerenn yaa?? *ke PD an tingkat dewa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Bahasa Inggris untuk 4 Orang dan Terjemahannya

Pidato Pelepasan Jabatan Ketua Osis -I'm done