Ekstrakurikuler dan Organisasi yang Ada di SMA N 3 Yogyakarta Padmanaba

Mau tau mau tau?
Ektrakurikulernya nih...

KIRPad

KIRPad (Karya Ilmiah Remaja Padmanaba) adalah ekstrakulikuler karya ilmiah remajanya SMA N 3 Yogyakarta. Latihan rutin KIRPad diadakan seminggu sekali setiap hari Kamis. Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh anggota KIRPad adalah penulisan karya-karya ilmiah dan percobaan-percobaan seperti bom asap, gunung api.
Tidak hanya itu, saat diselenggarakan event seperti PSTW (Padmanaba Science Tect Week), KIRPad juga ikut berpartisipasi dengan membuka stand dan menunjukkan beberapa percobaan. Banyak prestasi tentang penelitian yang diraih oleh KIRPad, mulai tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Tak jarang anggota KIRPad dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki bisa melanglang buana di mancanegara, seperti Amerika, Jerman, dan Belanda. 


Robotik

Robotik Padmanaba adalah ekstrakulikuler di SMA N 3 Yogyakarta yang bergerak di bidang robotik. Ekstrakulikuler ini didirikan sejak masuknya ilmu komputer di SMA N 3 Yogyakarta. Menjadi anggota dariekstrakulikuler Robotik Padmanaba tidak dituntut harus memiliki keahlian sejak awal. Latihan rutin Robotik Padmanaba diadakan setiap hari Selasa dan Jumat setelah pulang sekolah. Aktivitas rutin yang dilaksanakan oleh anggota-anggotanya adalah membuat robot-robot yang inovatif dan membuat progam yang dapat mengendalikan robot. Prestasi yang pernah diraih antara lain: Juara 1 Robot Line Followers kategori mikro antar pelajar 2012, Juara 1 Kompetisi Robotech 2011 se-DIY, dan Juara 1 kategori  senior di Taman Pintar 2010.

            Biola
Ekstrakulikuler biola di SMA N 3 Yogyakarta didirikan pada tahun 2012. Mendengar kata biola pasti indentik dengan para pemain biola yang ahli sedang bermain di okrestra dengan luar biasa, akan tetapi ekstrakulikuler biola di SMA N 3 Yogyakarta merupakan ekstrakulikuler yang tidak menuntut anggota barunya memiliki keahlian bermain biola yang luar biasa sejak awal. Selain itu angggotanya tidak harus memiliki alat musik biola.
Bersama dengan pembimbingnya yaitu Pak Hanung, semua anggota akan dibina sehingga bisa menjadi pemain biola yang baik. Ekstrakulikuler yang memiliki jadwal latihan setiap hari Sabtu ini pernah tampi luntu kmenyambut tamu dariASEAN dan mengikuti beberapa perlombaan.

Perisai Diri

            Perisai diri merupakan ekstrakulikuler beladiri di SMA N 3 Yogyakarta. Dalam perisai diri akan diajarkan teknik-teknik pertahanan diri yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perisai diri di SMAN 3 Yogyakarta berbeda dengan perisai diri di sekolah atau komunitas lain. Prinsip yang diterapkan di sini adalah Asah, Asih, Asuh. Oleh karena itu, perisai diri SMA N 3 Yogyakarta berhasil menorehkan banyak sekali prestasi pada event-event besar, seperti O2SN dan Popda.
Tahun 2013 ini, perisai diri SMAN 3 Yogyakarta berhasil menjadi juara umum kejurnas se-DIY-Jateng. Prestasi tersebut tidak lepas dari bimbingan sang pelatih, Mas Redi Triyatna yang melatih perisai diri SMAN 3 Yogyakarta setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu di aula SMA N 3 Yogyakarta.


Progresif

Progesif adalah ekstrakurikuler jurnalistiknya SMA N 3 Yogyakarta.Progresif mempunyai beberapa kegiatan, yaitu membuat, membahas, serta menerbitkan majalah SMAN 3 Yogyakarta. Progresif juga berkegiatan mendelegasikan lomba-lomba KIR. Progresif mengadakan latihan rutin setiap 3 bulan sekali untuk membahas pembuatan majalah Progresif yang terbitsetiap 6 bulansekali. Beberapa tema majalah yang sudah diterbitkan yaitu Masa Depan dan Mimpi. Untuk dapat menerbitkan sebuah majalah yang berkualitas, ekstrakulikuler Progresif memiliki  beberapa pimpinan kepengurusan, yaitu pimpinan mading, pimpinan redaksi, pimpinan produksi, pimpinan lay outer, dan pimpinan umum. Progresif di bimbing oleh Ibu An Nur Hidayati atau yang sering kita sapa dengan Bu Mamik.

Bhayangkara Padmanaba (Bhapad)

Bhapad adalah singkatan dari Bhayangkara Padmanaba. Bhapadmerupakan sebuah ekstrakulikuler baris berbarisnya SMAN 3 Yogyakarta. Bhapad terdiri dari 2 pleton setiap angkatan, yaitu pleton putra dan putri dengan masing-masing pleton berjumlah 42 orang. Bhapad dikomandani oleh seorang danton atau komandan pleton. Penyeleksi anggota Bhapad dan pembimbingnya adalah kakak-kakak alumni Bhapad sehingga setiap tahunnya selalu mencetak  generasi Bhapad yang berkualitas dan istimewa. Dengan latihan yang rutin dan sungguh-sungguh Bhayangkara Padmanaba selalu bisa mempersembahkan banyak sekali piala dari berbagai macam lomba mulai tingkat daerah sampai provinsi untuk SMA N 3 Yogyakarta, termasuk sampai tahun 2013 ini Bhapad tetap dapat mempertahankan piala juara umum baris berbaris provinsi selama 7 tahun berturut-turut.

Pad’s Sport
Padz Futsal Team
Padz futsal team adalah ekstrakulikuler futsalnya SMA N 3 Yogyakarta.  Awalnya Padz futsal team merupakan ekstrakulikuler sepak bola, akan tetapi untuk keefektifan anggota, sejak kurang lebih 3 tahun yang lalu ekstrakulikuler sepak bola resmi dirubah menjadi futsal. Padz futsal team melaksanakan latihan rutin pada hari Rabu dan Sabtu setelah ashar sampai sebelum magrib di lapangan basket SMA N 3 Yogyakarta. Tetapi,disaat menjelang lomba ekstrakulikuler ini mengadakan latihan intensif. Kompetisi besar tahunan yang biasa diikuti adalah PAF (Putih Abu-abu Futsal) dan Pocary Championship. Walau masih termasuk ekstrakulikuler yang belum lama berdiri, namun Padz futsal team selalu berharap supaya bisa lebih berkembang, lebih solid dan bisa mempersembahkan prestasi untuk SMA N 3 Yogyakarta.
Badminton
Badminton merupakan bagian dari ekstrakulikuler olahraga SMA N 3 Yogyakarta atau Pad’s Sport. Latihan rutin ekstrakulikuler ini dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 15.00 di gedung Arga Bagya (Arbag). Badminton selalu berpartisipasi dalam perlombaan PORSENI dan OSN. Salah satu prestasi yang pernah diraih oleh ekstrakulikuler badminton adalah juara 3 perunggu tingkat kota.
Tenis Meja
Ektrakulikuler olahraga di SMA 3 Yogyakarta salah satunya Tenis Meja. Nah, ekskul tenis meja di SMA N 3 Yogayakarta yang melakukan latihan setiap hari Senin pulang sekolah di bangsal ini tidak hanya melakukukan latihan dengan anggotanya saja, siswa lain yang ingin ikut berlatih tenis meja pun bisa ikut serta. Walaupun begitu, tenis meja SMA N 3 Yogyakarta tetap bisa memenangkan beberapa perlombaan tingkat kota. Rasa seru dan fleksibel selalu dirasakan setiap anggotanya.
Basket
            Basket adalah salah satu ekskul olah raga yang ada di SMA N 3 Yogyakarta. Ekskul ini mengadakan latihan rutin pada hari selasa, jum’at pukul 16.00-18.00 dan pada hari minggu pukul 07.00-09.00 dengan pelatih Kak Wildan Wira Ardiansah, dan asisten pelatih Kak Setya

Jubah Macan

Jubah macan merupakan ekstrakurikuler teaternya SMA N 3 Yogyakarta yang didirikan sejak tahun 1990 dan mulai diresmikan oleh sekolah setelah hadirnya pempimbing yaitu Bapak Sugeng tahun 1994. Penamaan “Jubah Macan”pada awalnya tidak disengaja saat gayeng-gayengan, namun akhirnya menghasilkan akronim wangun yang berarti jujur, bahagia, manis, dan cantik. Sehingga sampai saat ini, teater SMA N 3 Yogyakarta selalu dikenal dengan nama teater Jubah Macan. Latihan rutin jubah macan dilaksanakan setiap pulang sekolah hari Selasa pukul 4-5 sore bergantung pada bahan materi yang akan disampaikan.
Sampai saat ini teater Jubah Macan sudah mempersembahkan pentas kecil maupun besar sebanyak sebanyak 49 kali.Pentas besar jubah macan selalu ditargetkan dilaksanakan pada bulan Mei setiap tahunnya. Untuk menghasilkan sebuah pentas besar yang luar biasa persiapan dan pemilihan pemeran sudah dimulai kira-kira sejak bulan Desember. Tidak hanya pentas luar biasa, teater Jubah Macan pun pernah meraih prestasi sebagai penyutradaraan terbaik pada FTRN ISI pada angkatan Padmanaba66. Saatini, Jubah Macan berencana ingin membuat komunitas teater untuk pelajar se-Kota Yogyakarta.


PPC (Padmanaba Photography Club)

Padmanaba Photography Club (PPC) adalah komunitas para pecinta fotografidi Padmanaba yang menjadikan kamera sebagai teman sejatinya. Tidak harus kamera DSLR/SLR, apapun jenis kameranya termasuk kamera HP tidak menjadi masalah. Kegiatan ekstrakulikuler ini lebih keperorangan, namun tetap mengutamakan kebersamaan. Walaupun tidak ada latihan rutin, anggota PPC mengadakan pertemuan atau kumpul-kumpul setiap hari umat. PPC mendokumentasikan berbagai macam event dan kegiatan sekolah. Selainitu PPC juga bekerjasama dengan di majalah progresif untuk menampilkan foto-foto karya terbaik anggota PPC.

PEDeS
PEDes adalah singkatan dari Padmanaba English Debating Society. Sesuai dengan namananya, PEDeS merupakan ekstrakulikuler yang menfokuskan di bidang debat Bahasa Inggris. Tapi tidak hanya debat, PEDeS juga mengembangkan  berbagai hal tentang Bahasa Inggris selain debat. Ekstrakulikuler yang sudah ada di SMA N 3 Yogyakarta sejak lama ini tidak menjadwalkan latihan rutin, namun akan mengintensifkan latihan saat akan mengikuti lomba.

Tari
Dimasa modern, di saat kebudayaan Indonesia membutuhkan lebih banyak dukungan agar tetap bisa bertahan, ekstrakulikuler Tari SMA N3 Yogyakarta hadir untuk memfasilitasi bakat-bakat tari yang belum tersalurkan. Melalui menari para anggota Ekstrakulikuler Tari dapat sekaligus memelihara kebudayan Indonesia. Ekstrakulikuler yang dibimbing oleh bapak Bambang Laksono Setyo Aji dan dibantu oleh beberapa pembimbing pembantu ini mengadakan latihan di ruang Arga Bagya. Di saat mendekati lomba anggota ektrakulikuler tari akan mengintensifkan latihan untuk mencapai hasil yang maksimal.

 PHC (Padmanaba Hiking Club)

Padmanaba Hiking Club yang lebihseringdisebut PHC adalah ekstrakulikuler pecinta alamnya SMA N 3 Yogyakarta. PHC didirikan pada tanggal 27 Juli 1971. PHC mengadakan latihan setiap hari Kamis. Ekstrakulikulerinisering mengadakan acara di luar sekolah seperti mendaki gunung (hiking), caving, susur pantai, susur goa, dan masihbanyaklagi.
Pada puncaknya, untuk memperingati hari didirikannya PHC sekaligus mengisi liburan akhir semester, PHC mengadakan EkspedisipadabulanJuli. Lokasi ekspedisisetiaptahunnya beragam, tergantung kesepakatan dari peserta ekspedisi.Contohnya pada tahun 2011 PHC mengadakan ekspedisi ke Baluran. Tahunberikutnya PHC mengadakan ekspedisi ke Alas Purwo dantahun 2013PHC mengadakan ekspedisi ke Bali Barat.


Karawitan
Karawitan adalah ekstrakulikuler gamelannya SMA N 3 Yoyakarta. Ekstrakulikuler  ini terbentuk sejak angkatan Padmanaba 69. Pada awalnya gamelan di SMA N 3 Yogyakarta hanya dimainkan oleh bapak dan ibu guru. Kemudian seiring berjalannya waktu, siswa-siswi mulai tertarik dengan kegiatan ini sehingga ditetapkan menjadi ekstrakulikuler. Alat gamelan yang dimainkan antara lain saron, kendang, kempul, demung, bonang barung, gong, bonang penerus, kethuk, peking. Ekstrakulikuler ini memiliki jadwal latihan yang fleksibel dan lebih mengintensifkan latihan di saat menjelang lomba. Selain itu, karawitan juga ikut berpartisipasi dalam event-event dan penyambutan tamu sekolah.




PJRC (Padmanaba Junior Rescue Corps)

PJRC merupakan PMR-nya SMA N 3 Yogyakarta yang memfokuskan di bidang kesehatandankemanusiaan. PJRC didirikan kurang lebih sejak 28 tahun yang lalu.PJRC mempunyai 4 bidang yaitu kesehatan, persahabatan, bantuan umum, dan bakti masyarakat. Latihan rutin PJRC setiap hari Selasa di depan UKS.
Anggota PJRC dilatih seputar pertolongan pertama dan kepentingan pendukungnya. PJRC juga aktif berpartisipasi dalam berbagai lombaan PMR-an. Salah satu prestasi PJRC SMA N 3 Yogyakarta adalah PMR Teladan sejak 1997.Tidak hanya itu, setiap tahunnya PJRC mengadakan event besar seperti donor darah massal.


SSC (Smoothie Socialholic Community)

SSC atau Smoothie Socialholic Community SMA N 3 Yogyakarta adalah suatu komunitas yang bergerak di bidang sosial. SSC didirikan dengan tujuan menyalurkan aspirasi dan meningkatkan kepedulian keluarga besar Padmanaba di bidang sosial. SSC pun juga mengelenggarakan berbagai macam kegiatan seperti bhakti sosial, sunatan masal, buka puasa bersama, donor darah, dan lain sebagainya. Selain itu, SSC juga  sering bekerja sama dengan ektrakuliler lain dan event-event, seperti kepanitiaan dan surat-surat izin.

Ambalan

Bagi pencinta pramuka, ambalan merupakan tempat berkumpul. Di sanggar ambalan yang nyaman, luas, dan dipenuhi oleh piala-piala kejuaraan para anggotanya bercengkerama sehari-hari. Salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ambalan adalah JIMAH atau ujian perkemahan. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua siswa kelas X. Seru, menarik, dan menantang, akan didapatkan selama 3 hari 2 malam. Mulai dari ngonthel bareng sampai lomba- lomba menarik yang diadakan.



Paspad

Paspad atau Paduan Suara Padmanaba adalah ekstrakulikuler yang bergerak di bidang seni tarik suara. Ekstrakulikuler Paspad dibimbing oleh Bapak Nowo dan Bapak Hanung, dengan jumlah anggota 33 orang yang dipilih melalui seleksi setiap tahunnya. . Latihan rutin paspad diadakan setiap hari Senin pukul 14.00 sampai 15.30. Paspad sering mengisi berbagai event yang diadakan SMA N 3 Yogyakarta dan menampilkan penanmpilan terbaiknya di acara-acara luar sekolah Setiap tahunnya Paspad juga berpartisipasi dalam berbagai lomba, salah satunya FLS2SN baik secara solo maupun vocal group. Yang pasti “Tidak ada paduan suara yang memiliki nama selain Paspad”.

PAC
            PAC merupakan singkatan dari Padmanaba Aeromodeling Club. Ekstrakulikuler ini memfokuskan kegiatan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan model-model pesawat dan sejenisnya hingga roket. Anggota-anggotanya dilatih untuk bisa membuat dan mengoprasikan berbagai macam benda-benda aeromodeling. PAC yang dibimbing oleh bapak Gatot ini mengadakan latihan rutin setiap Rabu sepulang sekolah. Padmanaba Aeromodeling Club pernah memenangkan juara 1 menerbangkan glider paling lama.

Organisasinya nihh...

SKI AL-Khawarizmi

SKI (Sie Kerohanian Islam) Al-Khawarizmi adalah organisasi kerohanian Islamnya SMA Negeri 3 Yogyakarta. SKI Al-Khawarizmi memiliki beberapa departemen untuk memaksimalkan kegiatannya, yaitu departemen ekismak, kajian, muslimah, ukhuwah, media dakwah. SKI Al-Khawarizmi tidak hanya melakukan kajian rutin, banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh SKI seperti juga mabit, salam taaruf, dan massih banyak lagi. Anggota dari SKI  berkumpul di mushola setiap 1 minggu atau 2 minggu sekali. Di saat menjelang mengadakan acara SKI akan lebih mengintensifkan pertemuan. Di SKI Al-Khawarizmi tidak hanya belajar organisasi, tetapi juga mendapatkan ilmu baru, keluarga baru, sahabat-sahabat, dll. SKI bukan hanya tempat orang-orang yang sudah baik, tapi tempatnya orang yang mau belajar menjadi lebih baik lagi.

KPK (KELUARGA PELAJAR KATOLIK)

KPK atau keluarga pelajar katolik adalah organisasi pelajar katoliknya SMAN 3 Yogyakarta yang sudah terbentuk sejak 5 Agustus 1957. Atas dasar keinginan mengumpulkan siswa-siswi kristiani, maka terbentuklah organisasi ini.
KPK memiliki berbagai program kerja dan event yang seru seperti misa Jumat pertama di gereja, natal bersama PSKP, dan paskahan bersama, ikut berpartisipasi dalam EKM, rosario, Festival Band Rohani, Malam Keakraban, dan masih banyak lagi. KPK juga memiliki lagu dengan judul “Padmanaba Will Revive”. Santo pelindung KPK adalah St.Albertus Magnus

PSKP

(Lambang kanan untuk cap dan lambang kiri untuk proposal)

PSKP atau Persekutuan Siswa Kristen Padmanaba adalah organisasi yang berisikan siswa-siswi Kristen SMA N 3 Yogyakarta. PSKP dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1975. PSKP m memiliki agenda-agenda yang tak jarang sering bekerja sama KPK seperti makrab, retreat, natal, paskah, FBR, kunjungan kasih, PTTA, PBC, dan masih banyak lagi.

MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas)

MPK adalah singkatan dari Majelis Permusyawaratan Kelas. MPK ini anggotanya terdiri dari siswa dan siswi kelas X, XI,  dan XII. Tugas umum MPK adalah menampung aspirasi warga sekolah, mengawasi kinerja OSIS. MPK terdiri dari 3 Tim, yaitu Tim pengawas (mengawasi kinerja OSIS), Tim Lapangan (Mengkoordinasi segala perlengkapan yang dibutuhkan MPK), dan Tim Kreatif (Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan mencetuskan ide, gagasan, dan inovasi untuk MPK)
Event – event yang diselenggarakan MPK ini adalah FKGM (Forum Komunikasi Guru dan Murid), FKWS (Forum Komunikasi Warga Sekolah), CKO (Pemilihan ketua OSIS), MPK’s Corner (Membuat artikel di Progresif), pengawasan OSIS, dan juga MPK Gathering, yaitu pertemuan MPK di seluruh sekolah di Kota Yogyakarta. Event-event tersebut diselenggarakan setiap satu tahun sekali.

OSIS
OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS adalah organisasi resmi sekolah yang berfungsi untuk menyalurkan aspirasi dari seluruh warga Padmanaba. OSIS juga memiliki undang-undang yang mengatur kegiatan OSIS yang disebut ADART OSIS. OSIS di Padmanaba memiliki 10 bidang yaitu Bidang I. Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bidang II. Kepekaan terhadap Lingkungan dan Kemanusiaan, Bidang III. Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara, Bidang IV. Budi Pekerti Luhur dan Hubungan Sosial Kemasyarakatan, Bidang V. Demokrasi, Pendidikan politik dan Komunikasi dalam Konteks Masyarakat Plural, Bidang VI. Pembinaan Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan, Bidang VII. Pembinaan Kreatifitas Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga, Bidang VIII. Pembinaan Seni dan Budaya, Sekbid IX. Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi, dan yang terakhir Bidang X. Pembinaan Sastra dan Komunikasi dalam Bahasa Inggris. Total program kerja kesepuluh bidang di setiap periodenya lebih dari 100 program. Semua event atau kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi lain dan ekstrakulikuler dibawahi OSIS. Masa bakti OSIS Padmanaba setiap periodenya adalah dari September-September.

Massa Padmanaba
Massa Padmanaba adalah wadah semua warga Padmanaba untuk menjadi supporter bagi tim-tim perwakilan SMA negeri 3 Yogyakarta di berbagai perlombaan seperti PAF (putih abu-abu futsal), DBL,  Padzband, dan masih banyak lagi. Massa adalah singkatan dari Music Art Sport Social Association, yang berarti Massa Padmanaba pendukung semua kegiatan musik, seni, olah raga, dan sosial. Massa dididikan dari sejak Padmanaba 64. Di acara-acara biasa, minimal akan ada 100 orang Massa Padmanaba yang mendukung, sedangkan untuk acara-acara besar Massa Padmanaba dapat memberikan dukungan paling tidak 300 orang yang semuanya dikoordinir oleh siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Ayo maju Padmanaba! Ayo tigabhe! Oo…oo…oo…




Komentar

  1. di majalah progresif ada rubrik remaja gag ya?
    mohon infonya...

    BalasHapus
  2. Ada :) Tapi sementara ini majalah progresif di isi oleh artikel dan rubrik rubrik dari siswa SMAN 3 Yk sendiri :)

    BalasHapus
  3. Wah, banyak banget ekstra sama organisasinya, jadi bingung mau pilih organisasi atau ekstra yang mana kalau keterima di Padmanaba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya alhamdullilah, di tunggu ya dek :) besok pasti kalau ketrima bakal mantep milih ekskul apa, hehe makasih udah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  4. Ektrakulikuler Robotik termasuk Pemorgraman tidak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe sekarang masih belum termasuk. kegiatan temen-temen di robotik seringnya bikin robot mobil apa yang bisa terbang. pemograman masuk di pembinaan olimpiade :)

      Hapus
  5. Kak mau tanya.. Futsalnya itu cowok doang atau bisa cewek?? Aku mau masuk SMAN3 nih tahun 2019 hehe jadi mau cari tau ttg SMAN3 dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo :3 futsalnya untuk cowok aja sayang :) waaaa semangatt yaa insyaAllah cepet lulus terus masuk SMA N 3 YK aamiin

      Hapus
  6. Kak boleh pilih ekskul lebih dari satu gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget, aku dulu pas sekolah ikut 2 ekskul :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Bahasa Inggris untuk 4 Orang dan Terjemahannya

Pidato Pelepasan Jabatan Ketua Osis -I'm done