“Stroberry ma nggak ada yang manis neng”


Study tour kelas 8 tanggal 12-15 Maret 2012 kemarin aku ke Bandung. Seneng di sana! Tapi dibalik semuanya, ada 1 kejadian yang belum bisa aku lupain sampe sekarang. Waktu itu hari terakhir aku dan seluruh rombongan studytour di Bandung. Setelah ke Trans Studio Bandung, kami ke pusat oleh-oleh Cibaduyut. Wuhuuu, puas-puasin belanja pakaian, sepatu, sama asesoris.
“Panggilan kepada keluarga besar SMP N 1 Godean …” suara dari speaker Cibaduyut.
Haaaa, waktu di Cibaduyut udah habis. Aku dan bebepara temenku masuk bus. Tapi beberapa yang lain masih ada yang lagi asyik nawar, muter-muter cari barang titipan orang rumah, dan lain-lain.
Waktu masuk bus, aku kayak penjual keliling. Lha barang bawaanku banyak banget. Terutama boneka! Ya maklum lah, banyak yang ngasih uang saku, banyak juga oleh-oleh-nya. Wkwkw aku sombong. Lupakan! Setelah selesai naruh barang-barangku di bus dengan penuh perjuangan (sampai aku teken-teken biar muat) aku duduk dengan tenang. “Huuuffttt” kutarik nafas dalam-dalam.
Kudengar suara langkah kaki. Bisa ditebak ini, penjual-penjual masuk bus! Manteb, bus yang kami naiki kecil. Ditambah ada penjual yang masuk! Wooooo, jangan Tanya, s.e.s.e.k >.< *aku lebay*.
“Boneka neng”
“Gantungan kunci…gantungan kunci”
“Stroberri…stroberri”
Banyak yang masuk bus, kayaknya waktu itu masih ada lagi, tapi lupa aku.
Nah, boneka udah banyak, gantungan kunci? Tuh 30 biji di tas. Stroberri? Kemarin udah beli 2 bungkus, tapi udah dilahap bersama teman-teman. Buat orang rumah belum. Aku tanya deh sama bapak penjual stroberri-nya. Harga satu bungkus-nya 15 ribu. Isinya banyak banget, bentuk stroberri-nya juga cantik-cantik. Heemmm, aku tawar deh. “20 ribu 2 Pak!” maksudnya 20rb dapet 2 bungkus. Tapi, bapaknya nggak ngebolehin. Ya udah deh, aku senyum diem aja nggak jadi beli. Terus bapaknya jalan ke belakang (aku di bus termasuk duduk di bagian depan). Saat aku lagi cari posisi yang pas buat tiduran, eh bapaknya yang jual stroberri dateng lagi ke tempat ku. Nawarin lagi, 15 ribu satu bungkus. Tapi aku masih aja nggak mau, haha aku kejam. “20 ribu 2 pak” Terus muka bapaknya melas. Tapi aku tetep aja kukuh, soalnya ibuk-ku pernah nawar tas di Malioboro harganya 45rb jadi 15rb! So? Aku Cuma turun 5rb kok. Apah? Beda? Iya sih, yang aku tawar makanan.
Bapaknya masih tetep ditempatku terus bilang. “22rb lah neng”
Aku geleng-geleng.
“Saya ngambilnya 9 ribu neng”
Aku jawab, “Kalau boleh 20rb 2 pak” aku senyum, terus Tanya, “Manis nggak pak stroberrinya?”
Stroberry ma nggak ada yang manis neng” jawab pabak penjualnya tulus.
“Kemarin saya beli manis lho Pak”
Itu ma eneng di bohongin
Terus aku mikir, “Di kasih pemanis ya pak? Gimana jadinya? 20rb 2?”
“Iya neng.”
Terus bapaknya bungkusin stroberri-nya dengan cekatan, temenku Indri juga beli, tapi dia cumin beli 1 bungkus, 10rb.
Bapak penjual stroberri berlalu …
Aku pulang ke rumah. Haaa barang bawaanku hampir 2 kali lipat dari pertama aku berangkat. Sama ibukku aku ditanya-tanya beli apa aja, habis berapa, dan bla bla bla.
Sampai ibukku tanya stroberri, aku jawab harganya 20rb 2 bungkus. Ibukku kaget, katanya murah, soalnya rasanya enak, jumlahnya banyak. Kata ibukku “neng seyegan sak bungkus cilik we 5 ewu” Aku senyum. Terus tiba-tiba inget sama bapak penjual stroberri.
Alhamdullilah masih ada penjual kayak bapak itu, nggak tau kenapa jadi nyesel nurunin harga asli per bungkus 15rb jadi 10rb.
Semoga bapak penjual stroberri itu dapat kehidupan yang lebih baik kelak J





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Bahasa Inggris untuk 4 Orang dan Terjemahannya

Pidato Pelepasan Jabatan Ketua Osis -I'm done